• MTS MA'ARIF AL HAMID
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Tanya Sains: Mengapa salinitas (kadar garam) tanah yang mengikat akan membahayakan tanaman budidaya?

Pernahkah kamu menyiram tumbuhan dengan air garam? Lantas, apa yang terjadi pada tumbuhan tersebut setelah kamu menyiramnya? 

Faktor yang menentukan keberhasilan tumbuh tanaman adalah kondisi media atau tanah yang baik dan subur salinitas atau kadar garam pada tanah adalah salah satu masalah yang ditemukan pada lahan-lahan pertanian. Menurut Buckman dan Brady (1982), terdapat tiga jenis tanah salain, tanah salin-sodik dan tanah sodik. Adanya kelar garam pada tanda menyebabkan terganggunya proses fotosintesis, karena terjadi akumulasi garam pada jaringan mesophil dan meningkatnya CO2 antar sel (interseluler) yang dapat mengurangi pembukaan stomata. Ion K + tidak akan diperoleh secara sempurna.

Untuk memperoleh air dari tanah sekitarnya potensial air dalam cairan xylem harus harus sangat diturunkan oleh tegangan. Pada beberapa halofita, mampu menjaga potensial osmotik terus menjadi lebih negatif selama musim pertumbuhan sejalan dengan penyerapan garam.

Osmonegulasi pada kebaenyakan tanaman melibatkan sintesis dan akumulasi solute organic sel dan meningkatkan tekanan turgor yang diperlukan untunk pertumbuhan. Tingginya penyerapan Na+ akan menghambat K+.

Salinitas yang tinggi akan mengurangi ketersediaan K+ dan Ca++ dalam larutan tanah dan menghambat proses transportasi dan mobilitas kedua unsur hara tersebut ke daerah pertumbuhan tanaman sehingga akan mengurangi kualitas pertumbuhan baik organ vegetative maupun reproduktif.

Salinitas tanah yang tinggi ditunjukkan dengan kandungan ion Na+ dan Cl- tinggi akan meracuni tanaman dan meningkatkan pH tanah yang mengakibatkan berkurangnya ketersediaan unsur-unsur hara mikro.Terdapat beberapa solusi untuk meminimalkan kerusakan tanaman akibat salinitas, yaitu mengilangkan (eradication), pengubahan (convertion), penggunaan tanaman yang toleran terhadap garam dan penumpukkan dengan bahan organik, penggunaan mikorisa dan ameliorant biologi.

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kenapa Kertas HVS mampu Menahan Air saat Gelas Dibalikkan?

Pernahkah kamu berpikir bagaimana balon dapat terbang di udara? Hal ini menunjukkan bahwa gas memiliki tekanan  seperti yang dialami zat cair dan zat padat. Saat gelas berisi air d

16/01/2024 12:03 - Oleh Administrator - Dilihat 226 kali
Kenapa Kapal Laut dapat Mengapung di Lautan?

Pernahkah kamu perhatikan bagaimana kapal yang besar dapat mengapung di permukaan laut? Bagi ilmuwan yang membuat kapal, perlu memerhatikan tekanan hidrostatis air laut. Hal in dikarena

16/01/2024 11:15 - Oleh Administrator - Dilihat 75 kali
Sang Dewandaru, Cherry Belanda

Pohon dewandaru dalam terminologi Jawa dapat diartikan sebagai kayu ‘Pembawa Wahyu Dewa’. Kata dewandaru banyak dijumpai dalam kisah pewayangan maupun dalam khasanah bahasa

07/07/2023 10:18 - Oleh Administrator - Dilihat 374 kali